Beranda > Kesehatan > Cantik dengan Kosmetik yang Aman

Cantik dengan Kosmetik yang Aman

Penampilan menarik dan sehat? Siapa yang tidak mau? Baik pria maupun wanita tentunya ingin sehat sekaligus menarik. Bahkan, tidak sedikit dana yang dialokasikan untuk pembelian produk kosmetik maupun perawatan kulit, terutama wajah. Pengguna kosmetik yang saat ini tidak dibatasi usia dan gender menjadikan industri kosmetik berlomba-lomba membuat produk kosmetik yang banyak diminati. Pernahkan anda mengamati banyaknya produk kosmetik pemutih, anti kerut dan anti jerawat? Namun di sisi lain, terdapat kasus kosmetik tersebut dicabut ijin edarnya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) lantaran terdapatnya bahan yang dilarang. Bahkan, ada beberapa produk yang tidak memiliki ijin edar dari BPOM. Lantas bagaimana seharusnya pengguna kosmetik bersikap?

Kosmetik merupakan sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada seluruh bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar) atau gigi dan membran mukosa di sekitar mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan atau memperbaiki bau badan dan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik. Dari definisi di atas, jelas bahwa penggunaan kosmetik dimaksudkan untuk memelihara tubuh pada kondisi baik dan tidak termasuk ke dalam golongan obat.

Hasil pengujian laboratorium BPOM RI tahun 2007 ditemukan 27 merk kosmetik mengandung bahan yang dilarang digunakan dalam kosmetik, yaitu merkuri, asam retinoat, rhodamin (merah k10 dan merah k3). Bahan-bahan ini dilarang penggunaannya dalam kosmetik karena berbahaya bagi kulit.

Iklan

Laman: 1 2

  1. yusniar
    Desember 17, 2009 pukul 15:31

    oooo gitu,jadi bang dodol selama ini wajah nya alami apa udah kena reaksi kimia kosmetik yg berbahaya kayak diatas?hehehehe

    • dodolkeren
      Desember 17, 2009 pukul 15:48

      wajah kita mank dah dari sono nya gini………wkwkwkwkwk

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: